Dana Desa 2018 Desa Margakaya Prioritaskan Pembangunan Jalan Rabat Beton

ringsewu Sk -DesaMargakaya, Kecamatan Pringsewu, Kabupaten Pringsewu Lampung. Merupakan desa yang aktif dalam membudayakan kelestarian Seni Budaya, tepatnya pada kesenian Tari Sembah di tingkat Kabupaten Pringsewu, bahkan sering kali di undang Pemerintah Kabupaten Pringsewu dalam berbagai kegiatan untuk memeriahkan acara seperti HUT Kabupaten Pringsewu di setiap tahunnya.

Abidin Kepala Desa Margakaya, yang di kenal masyarakat setempat sebagai seorang pemimpin yang humoris, tegas dan bijak dalam kesehariannya menjalankan tugas sebagai pelayan masyarakat Marga Kaya, serta mengembangkan kemajuan Desa. Aparatur Desa Margakaya yang di komandoi Abidin selaku kepala Desa mengalokasikan anggaran Dana Desa membangun infrastruktur fisik berupa, Rabat beton, Drainase, dan Talud Penahan Tanah (TPT). Pembangunan tersebut tak terlepas menggunakan Anggaran Dana Desa (ADD) dan Anggaran Dana Pekon (ADP) pada tahap 1 dan tahap 2, yang di kucurkan dari Pemerintah Pusat melalui Pemerintah Kabupaten Pringsewu di tahun 2018.

Abidin, menjelaskan kepada awak media dari beberapa aitem pembangunan infrastruktur fisik yang telah terealisasi pada tahap 1 dan tahap 2. “Saya dan jajaran aparatur pekon beserta masyarakat setempat telah memilih dari hasil musyawarah desa, masyarakat sepakat pada pembangunan jalan Rabat beton sepanjang 866 m di dusun 3, pembangunan Talud Penahan Tanah (TPT) sepanjang 150 m dengan ketinggian 1m di dusun 2, dan pembangunan Drainase sepanjang 290 m di dusun 1 dan di dusun 3. Sementara yang menjadi prioritas pembangunan infrastruktur adalah, pembangunan jalan Rabat beton sepanjang 866 m di dusun 3 yang sangat dibutuhkan masyarakat, guna melancarkan akses kendaraan roda empat yang mengangkut hasil kerajinan genteng dan batu bata di pemukiman warga setempat. Dan jalan Rabat beton tersebut tetap menjadi prioritas pembangunan di tahun yang akan datang, dikarenakan masih sangat dibutuhkan masyarakat setempat tepatnya di dusun 1, dusun 2 dan di dusun 3. Pemerataan pembangunan ini kami lakukan, agar tidak terjadi kecemburuan sosial terhadap masyarakat Desa Margakaya. Abidin juga berharap kepada masyarakat setempat mengenai pembangunan yang sudah terealisasi, masyarakat bisa bersama-sama menjaga dan merawat bangunan yang kini telah memperlancar aktivitas kita dalam meningkatkan perekonomian sehari-hari di Desa Margakaya,” harap Abidin.

Lanjut Abidin menjelaskan, “Anggaran Dana Desa sebesar Rp. 1,524,043,746,- terbagi di empat bidang, bidang pemerintahan pekon sebesar Rp. 494,516,111,50,- bidang pembangunan pekon sebesar Rp. 886,295,134,- bidang pembinaan masyarakat sebesar Rp. 33,463,000,-
bidang pemberdayaan masyarakat sebesar Rp. 36,601,000,- semua sesuai dengan peruntukannya,” jelas Abidin.

Lasiman Selaku Kaur pembangunan, “mengucapkan terimakasih kepada Abidin, yang telah mewujudkan harapan masyarakat dalam melakukan pembangunan infrastruktur yang sangat bermanfaat bagi masyarakat, guna meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Margakaya di setiap tahunnya,” ucap Lasiman.

Hal senada juga di sampaikan Pasha, selaku pekerja pada pembangunan jalan Rabat beton yang kini telah mencapai 80% pengerjaannya, “Saya mengucapakan banyak terimakasih kepada kepala desa yang telah memperdayakan masyarakat setempat dalam proses pengerjaannya, khususnya terhadap warga yang masih pengangguran, kini kami semua bisa mendapatkan upah dari pekerjaan ini, termasuk Saya,” ucap Pasha kepada awak media di lokasi pekerjaan. (Davit)

Tinggalkan komentar